Loading...

Harap Tunggu

Kampung Wisata Sayidan

SEPUTAR KAMPUNG WISATA

Kampung Wisata Sayidan secara kewilayahan berada di Kelurahan Pawirodirjan Kemantren Gondomanan dan berdekatan dengan Obyek Wisata Taman Pintar. Nama Sayidan konon berasal dari fenomena adanya warga keturunan Arab (sayid) yang banyak bermukim dikawasan tersebut. Karena semakin banyak yang bermukim dikawasan tersebut maka kawasan tersebut kemudian dikenal dan sering disebut Kampung Arab. Dikalangan masyarakat sebutan bagi warga Arab dan keturunan Arab disebut “Sayid”. Dalam perjalanan waktu entah kapan persisnya akhirnya wilayah tersebut dikenal sebagai Sayidan, yang berasal dari kata “Sayid” sebutan bagi warga arab yang banyak terdapat di wilayah itu.

Kampung Wisata Sayidan ini keberadaannya berada disepanjang bantaran sungai code bagian tengah. Oleh karena itu atraksi dan daya tarik yang dikembangkan diantaranya kawasan bantaran sungai yang ditata sedemikian rupa sehingga nyaman untuk jalan-jalan dan bersepeda. Disisi lain juga dikembangkan potensi kerajinan , kuliner dan interaksi sosial. Lingkungan pemukiman penduduk di kampung wisata ini sangat unik dan terasa khas karena lokasinya berada dibantaran sungai sehingga menarik dan akan memberi pengalaman tersendiri ketika melakukan blusukan sambil berinteraksi dengan masyarakat. Mengingat di Kampung Wisata Sayidan juga terdapat kegiatan sehari-hari masyarakat terkait dengan kegiatan usaha dibidang ekonomi, misalnya membuat makanan tradisional brondong, membuat aneka kerajinan diantaranya kerajinan bunga kering, tas goni, tas kanvas, kerajinan busur panah, senin patung, dll.

Karena uniknya lingkungan Sayidan akhirnya oleh salah seorang warga yang memiliki kemampuan penciptaan lagu dan bermain musik akhirnya diciptakan sebuah lagu tentang Sayidan dan sekaligus dijadikan judul lagu dan dijadikan album oleh grub musik Shaggydog, band yang terlahir di Kampung Sayidan. Bahkan karena keunikan tata lingkungan yang ada yaitu perpaduan pemukiman bantaran sungai dan pemukiman warga Tiong Hoa maka di kampung ini tidak jarang dijadikan lokasi shoting film nasional. Mengingat di Sayidan juga terdapat bangunan Cagar Budaya tempat ibadah warga Tiong Hoa yaitu Klenteng Gondomanan, bangunan gothic, bangunan peninggalan Belanda akhirnya semakin menarik perhatian bagi para prosedur film untuk melakukan shoting di Kampung Wisata Sayidan.

EVENT AGENDA
PAKET KAMPUNG WISATA
Blusukan Kampung

paket
Kuota 50 Orang

Kegiatan Paket 1 / Itinerary *

Paket hanya dibuka hari Minggu

  1. P...

Rp 150,000Book Now