Loading...

Harap Tunggu

Kampung Wisata Purbayan

SEPUTAR KAMPUNG WISATA

Kampung Wisata Purbayan terletak di kecamatan Kotagede Yogyakarta. Nama Purbayan sendiri berasal dari nama Pangeran Purbaya yang merupakan salah seorang anak dari Panembahan Senopati, Raja Mataram Islam yang pertama. Kerajaan Mataram ini mengalami keemasan pada masa pemerintahan Sultan Agung, yang merupakan raja ke 3 kerajaan Mataram Islam.

 

Branding kampung wisata Purbayan adalah kampung Pusaka & Penjaga Tradisi. Sebagai kampung pusaka, Purbayan masih menyimpan banyak situs peninggalan kerajaan Mataram dan juga masih banyak terdapat rumah tradisional khas Kotagede. Sebagai kampung penjaga tradisi, Purbayan masih memiliki banyak pengrajin perak yang masih berproduksi dan aktiv menjaga tradisi Kotagede yang dikenal sebagai kota perak. Selain kerajinan perak, di kampung wisata Purbayan juga terdapat kuliner khas yaitu roti kembang waru, legamara, ukel dan banjar.

 

Kampung wisata Purbayan sudah menyiapkan paket-paket wisata untuk mengeksplore potensi sejarah, budaya dan juga estetika khas Kotagede.

 

EVENT AGENDA
PAKET KAMPUNG WISATA